Rabu, 12 April 2017

Resensi Islam dan Pengaruh Terhadap Renasians di Eropa



ISLAM DI SPANYOL
DAN PENGARUHNYA TERHADAP
RENAINSANS DI EROPA

                Setelah berakhirnya periode klasik islam,Ketika Islam mulai memasuki masa kemunduran Eropa bangkit dari keterbelakangannya,Kebangkitan itu bukan saja terlihat dari bidang politik,tetapi- kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.Bidang ilmu teknologi itu yang mendukung keberhasilan politiknya.Dari spayol islam Eropa banyak menimba ilmu,Ketika islam mencapai masa   keemasan,Spayol merupakan peradapan islam yang sangat penting,meyaingi Bagdat di Timur.Islam menjadi guru bagi orang Eropa,Islam spayol bayak menarik perhatian para sejarawan.                           

A.     MASUKNYA ISLAM KE SPANYOL                                                                    
Spanyol diduduki umat islam pada Zaman Khalifah Al- Walid (705-715 M) seorang khali dari Bani Umayah yang berpusat di Damaskus.Sebelum penaklukan spanyol,umat Islam menguasain Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu propingsidari dinasti Bani Umayah.Penguasaan sepenuh nya atas AFRIKA Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik (685-705 M). Khalifah Abdal Malik mengangkat Hasan Ibn Nu’man al-Ghassani menjadi gubernur daerah itu. Di zaman Alwalid memperluas wilayah kekuasaannya dengan menduduki Alzajair dan Maroko. Penaklukan wilayah Afrika Utara sampai menjadi salah satu propinsi dari Khalifah Bani Umayah selama 53 tahun.
Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat 3 pahlawan islam yang paling berjasa mereka adalah Tharif  ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair. Musa ibn Nushair pada tahun 711 M mengirim pasukan ke Spanyol 7000 orang dibawah pimpinan Thariq ibn Ziyad. Thariq ibn Ziyad lebih banyak terkenal sebagai penakluk Spanyol karena pasukannya lebih besar dan hasilnya lebih nyata.
Musa  mengirimkan pasukan sebanyak 5000 personil,sehingga pasukan Thariq seluruhnya 12000. jumlah ini belum sebanding dengan pasukan Ghotik yang jumlahnya lebih besar 100.000 orang. Kemenangan pertama yang dicapai oleh Thariq ibnu Ziyad membuk jalan untuk penaklukan wilayah yang lebih luas lagi,untuk itu Musa ibnu Nushair merasa perlu melibatkan diri dalam gelanggang pertempuran dengan maksud membantu perjuangan Tahriq. Setelah Musa berhasil menaklukan Sidonia, Karmona, Seville,dan Merida serta mengalahkan penguasa kerajaan Gothic, Theodomir di Orihuela,ia bergabung dengan Thariq di Torledo, selanjutnya keduanya berhasil menguasai seluruh kota penting di Spanyol, termasuk bagian utara mulai dari Saragosa sampai Naverri.
Gelombang perluasan wilayah berikutnya,muncul pada masa pemerintahan Khalifa Umar ibnu Abdul Aziz tahun 1999 H / 717 M. Sasaran ditunjukan untuk menguasai daerha sekitar pegunnungan Pyrenia dan prancis selatan. Pimpinan pasukan dipercayakan kepada AL- Shamah,tetapi usaha itu gagal dan ia sendiri terbunuh, pada tahun 102 H. Selanjutnya pimpinan pasukan di serahkan kepada Abd Al-rahman ibn Abdullah al-Ghafiqi.Dengan pasukannya ia meyerang kota Bordesu,Poiter,dan mencoba meyerang kotaTours.Diantara kota Poiter dan Tours ia ditahan oleh Charrles Martel,sehingga peyerangan di Prancis gagal,dan tentara yang di pimpinnya kembali lagi ke Spanyol.Gelombang ke dua terbesar dari peyerbuan kaum Muslimin di mulai pada permulaan abad ke-8M,menjangkau seluruh Spanyol dan menjangkau Prancis Tengah dan bagian bagian penting dari Italia.Kemenangan yang di capai umat islam nampak begitu mudah,hal itu tidak dapat di pisahkan dari faktor eksternal dan internal yang menguntungkan.yang di maksud faktor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat di dalam negeri Spanyol sendiri.Akan tetapi setelah Spanyol berada di bawah kekuasaan raja Goth,perekonomian melumpuh dan kesejah teraan masyarakat menurun.Awal kehancuran negara Goth adalah ketika raja Roderick memindahkan ibu kota negara nya dari Seville ke Toledo.
Adapun yang di maksud faktor internal adalah suatu kondisi yang terdapat dalam tubuh penguasa toko toko pejuang dan para prajurit Islam yang terlibat dalam penaklukan wilayah Spanyol pada khususnya.PARA Pemimpinnya adalah tokoh tokoh yang kuat,tentarannya kompak,bersatu dan penuh percaya diri,mereka pun cakap, berani dan tabah dalam menghadapi setiap persoalan.

B.      PERKEMBANGAN ISLAM DI SPANYOL

.               Sejak pertamakali menginjakan kaki di Spanyol hingga jatuh nya kerajaan islam terakhir disana.Islam memainkan peran sangat besar,Masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad.Sejarah islam Spanyol dibagi menjadi enam periode yaitu:

1.       Preode Pertama (711-755 M)
Pada periode ini,spanyolberada di bawah pemerintahan para wali yang di angkat oleh Khalifah Bani Umayah yang berpusat di  Damaskus,pada masa ini periode ini stabil politik negri Spanyol belum tercapai secara sempurna,gangguan gangguan masih terjadi,baik datang dari luar mau pun dari dalam.Gangguan dari luar dari sisah sisah musuh Islam di Spanyol yang bertempat tinggal di  pegunungan,mereka tidak pernah tunduk kepada pemerintahan Islam,gerakan ini terus memperkuat diri.Setelah berjuang lebih dari 500 tahun mereka mampu mengusir Islam dari bumi Spanyol.
 
2.        Preode kedua (755-912)

Pada periode ini, Spanyol berada di bawah pemerintahan seorang yang bergelar amir (panglima atau gubernur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan islam,yang  ketika itu dipegang oleh Khalifah Abbasiyah di Baghdad.Amir pertama adalah Abdurrahman 1 yang memasuki Spanyol tahun 138 H/755M dan diberi gelar AL-Dakhil (yg masuk ke Spanyol).Dia adalah keturunan Bani Umayyah yang berhasil lolosdari kejaran bani abbas.pengusa penguasa Spanyol pada periode ini adalah Abd al-Dakhil,Hisam 1,Hakim 1,Abd al-Rahman al-Ausath,Muhammad ibn Abd al-rahman,Munzir ibn Muhammad dan Abdullah ibn Muhammad.
Pada periode ini umat islam Spanyolmulai memperoleh kemajuan kemajuan,baik dalam bidang politik maupun dalam bidang peradapan.Abd al- Rahman al- Dakhil mendirikan masjid Cardofa dan sekolah sekolah di kota besar Spanyol.Hisyam dikenal berjasa dalam menegakan hukum islam dan Hakam di kenal sebagai pembaharu dalam bidang kemileteran.Dialah yang meprakasai tentara bayaran di Spanyol,sedangkan Abd  al-Rahman al-Ausath di kenal sebagai penguasa yang cinta ilmu.
3.       Periode ketiga (912-1013 M)
Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abd al-Rahma III yang bergelar”An –Na
Sir”sampai muncul raja rajakelompokyg dikenal dengan sebutan Muluk al- Thawaif. Periode ini spanyol di Perintah penguasa dengan gelar Khalifah,Khalifah – Khalifah besar yang memerintah pada periode ini ada tiga orang yaitu Abd al- rahman al-Nasir ( 912 -961 M), Hakam II (961 – 976 M), dan Hisyam II (976 – 1009 M).Pada periode ini umat Spanyol memcapai puncak kemajuan dan kejayaan menyaingi kejayaan daulat Abbasiyah di Baghdad. Abd al-Rahman al- Nasir mendirikan Universitas cordova. Awal dari kehancuran Khalifah Bani umayah di Spanyol adalah ketika Hisyam naik tahta dalam usia sebelas tahun.
4.       Periode keempat (1013 – 1086 M)
        Pada periode ini, Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil di bawah pemerintahan raja – raja golongan atau Al – mulukuth – Thawaif, berpusat di suatu kota seperti seville, cordova, toledo dan sebagainya. Pada periode ini Spanyol kembali memasuki masa pertikaian intern. 
5.       Periode kelima (1086 – 1248 M)
Pada periode ini spanyol Islam meskipun masih terpecah dalam beberapa negara , tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan dinasti Murabithun (1086 – 1143 M) dan dinasti Muwahhidun (1146 – 1235 M). Dinasti murabithun adalah gerakan agama yang didirikan oleh Yusuf ibn Tsyfin di Afrika utara,pada tahun 1062 M ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakesy. Raja –raja muslim, yusuf melangkah lebih jauh untuk menguasai Spanyol dan ia berhasil untuk itu. Pada masa dinasti Murabithun, saragosa jath ke tangan Kristen. Pada tahun 1146 M penguasa dinasti muwahhidun yang berpusat di Afrika utara merebut daerah ini,Muwahhidun didirikan oleh Muhammad ibn Tumart (w.1128). Dibawah pimpinan Abd al-Mun’im. Tahun 1114 dan 1154 M,kota –kota muslim penting, Cordova,Almeria, dan Granada jatuh kebawah kekuasaannya,dan kekuasaan Kristen dapat di pukul mundur. Akan tetapi setelah itu, Muwahhidu mengalami keambrukan  Pada tahun 1212 M, tentara Kristen memperoleh kemenangan besar di las Navas de Tolesa.
6.       Periode keenam  ( 1248 – 1492 M)
Pada periode ini,Islam hanya berjaya di daerah Granada, dibawah dinasti Bani Ahmar (1232- 1492 ).  Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti Zaman  Abdurrahman An –nasir. Kekuasaan islam yang merupakan pertahan terakhir di Spanyol ini berakhir karna perselisihanorang – orang dalam memperebutkan kekuasaan.  Berakhirlah kekuasaan Islam di Spanyol pada tahun 1492 M. Pada tahun 1609 M, boleh dikatakan tidak ada lagi umat islam di daerah ini.

C.      KEMAJUAN PERADABAN

Dalam masa lebih dari tujuh abad kekuasaan Islam di Spanyol, umat Islam telah mencapai kejayaan disana. Banyak prestasi yang diperoleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa, dan kemudian dunia, kepada kemajuan yang lebih komplek.
1.       Kemajuan Intelektual
Spanyol adalah negri yang subur. Kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi yang tinggi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir.

a.       Filsafat
Islam di Spanyol telah mencatat satu lembaran budaya yang sngat brilian dalam
bentangan sejarah islam. Ia berperan sebagai jembatan penyeberangan yang  dilalui ilmu pengetahuan Yunani Arab ke Eropa pada abad ke-21.
Tokoh utama pertama dalam sejarah Filsafat Arab-Spanyol adalah Abu Bakr Muhammad ibn al-Sayigh yang lebih dikenal sebagai Ibn Bajjah. Dilahirkan di Sarangosa, ia pindah ke Sevilla dan Granada. Meninggal karena keracunan di Fez tahun 1138 M dalam usia yang masih muda.
Tokoh utama kedua adalah Abu Bakr ibn Thufail, penduduk asli Wadi Asy, sebuah dusun kcil di sebelah timur Granada dan wafat pada usia lanjut tahun 1185 M. Ia banyak menulis masalah kedokteran, astronomi dan filsafat. Karya filsafatnya yang sangat terkenal adalah Hay ibn Yaqzhan.
b.      Sains
Ilmu-ilmu kedokteran, musik, matematika, astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Abbas ibn Farnas termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi. Ialah orang pertma yang menemukan pembuatan kaca dari batu. Ibrahim ibn Yahya al-Naqqashmterkenal dalam ilmu astronomi. Ia dapat menetukan waktu terjadinya gerhana matahari dan menentukan berapa lamanya. Ia juga berhasil membuat teropong modern yang dapat menentukan jarak antara tata surya dan bintang-bintang. Ahmad ibn Ibas dari Cordova adalah ahli dalam bidang obat –obatan. Umm al-Hasan bint Abi Ja’far dan saudara perempuan al-Hafidz adalah dua orang ahli kedokteran dari kalngan wanita.
c.       Fikih
Dalam bidang fikih, Spanyol Islam dikenal sebagai penganut mazhab Maliki.
d.      Musik dan Kesenian
Dalam bidang musik dan seni suara, Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnya al-Hasan ibn Nafi yang dijuluki Zaryab.
e.      Bahasa dan Sastra
Basa Arab telah menjadi bahsa administrasi dalam pemerintahan di Spanyol. Hal itu dapat diterima oleh orang-orang non-Islam. Penduduk asli Spanyol menomor duakan bahasa asli mereka.
Seiring dengan kemajuan bahsa itu, karya-karya sastra banyak bermunculan, seperti Al-‘Iqd al Farid karaya Ibn Abd Rabbih, al-Dzakariyah fi Mahasin Ahl al-Jazirah oleh Ibn Bassam, kitab al-Qalaid buah karya al-Fath ibn Khaqan, dan banyak lagi lainya.

2.       Kemegahan Pembambungan Fisik

Orang- orang Arab memperkenalkan pengaturan hidrolik untuk tujuan irigasi.
Industri, disamping pertanian dan perdagangan, juga merupakan tulang punggung Spanyol Islam. Di antaranya adalah tekstil, kayu, kulit, logam, dan industri barang-barang tembikar.
Pembangunan fisik paling menonjol adalah pembangunan gedung-gedung, pembangunan kota, istana , masjid, pemukimam, dan taman-taman.
Pembangunan yang megah adalah mesjid Cordova, kota al-Zahra, istana Ja’fariyah disaragosa, tembok  Toledo, istana al-Makmum, mesjid Sevilla, dan istana al-Hamra di Granada.
a.       Cordova
Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam, yang kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Diantara kebanggaan kota Cardova lainnya adalah mesjid Cordova. Ciri khusus kota-kota Islam adalah adanya tempat pemandian. Di Cordova saja terdapat 900 pemandian. Penguasa muslim mendirikan saluran air dari pegunungan  yang panjangnya 80 km.
b.      Granada
Granada adalah tempat pertahanan umat Islam di Spanyol. Di sana berkumpul sisa-sisa kekuatan Arab dan pemikir Islam. Posisi Cordova diambil alih oleh Granada di masa-masa akhir kekuasaan Islam di Spanyol.

3.       Faktor-faktor Pendukung Kemajuan
Kemajuan sangat ditentukan oleh adanya penguasa-penguasa yang kuat dan berwibawa,
yang mampu mempersatukan kekuatan-kekuatan umat Islam, seperti Abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman al-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nashir. Toleransi beragama ditegakkan oleh para penguasa terhadap penganut agama Kristen dan Yahudi, sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkan peradaban Arab Islam di Spanyol. Meskipun ada persaingan yang sangat sengit antara Abbasiyah di Baghdad dan Umayyah di Spanyol, hubungan budaya dari timur dan barat tidak selalu berupa peperangan. Perpecahan politik pada masa Muluk al-Thawa’if dan sesudahnya tidak menyebabkan mundurnya peradaban. Masa itu, bahkan merupakan puncak kemajuan ilmu pengetahuan, kesenian, dan kebudayaan Spanyol Islam.

D.      PENYEBAB KEMUNDURAN DAN KEHANCURAN  

1.       Konflik Islam dengan Kristen
Kehadiran Arab Islam telah memperkuat rasa kebangsaan orang-orang Spanyol Kristen.
Hal  itu menyebabkan menyebabkan kehidupan negara Islam di Spanyol tidak pernah berhenti dari pertentangan antara Islam dan Kristen. Pada abad ke-11 M umat Kristen memperoleh kemajuan pesat , sementara umat Islam sedang mengalami kemundran.

2.       Tidak Adanya Ideologi Pemersatu
Kelompok-kelompok etnis non Arab yang ada sering menggerogoti dan merusak
perdamaian. Hal itu mendatangkan dampak besar terhadap sejarah sosio-ekonomi negri tersebut. Hal ini menunjukkan tidk adanya idologi yang dapat memberi makna persatuan, di samping kurangnya figur yang dapat menjadi personifikasi ideologi tersebut.

3.       Kesulitan Ekonomi
Para penguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan
sangat “serius” , sehingga lalai membina perekonomian. Akibatnya timbul kesulitan ekonomi yang amat memberatkan dan mempengaruhi kondisi politik dan militer.

4.       Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
Perebutan kekuasaan diantara ahli waris.

5.       Keterpencilan
Selalu berjuang sendirian, tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara.
Dengan demikian, tidak ada kekuatan alternatif yang mampu membendung kebangkitan Kristen disana.

E.       PRENGARUH PERADABAN SPANYOL ISLAM DI EROPA
Spanyol merupakn tempat yang paling utama di Eropa penyerap peradaban Islam, baik
dalam bentuk hubungan politik, sosial, maupun perekonomian dan peradaban antarnegara. Spanyol berada di bawah kekuasaan Islam jauh meninggalkan negara tetangga-tetangganya di Eropa, terutama dalam bidang pemikiran dan sains disamping bangunan fisik. Yang terpenting diantaranya adalah pemikiran Ibn Rusyd (1120-1198 M) . Ia melepaskan belenggu taklid dan menganjurkan kebebasan berpikir. Ia mengedepankan sunnatullah menurut pengertian Islam terhadap pantheisme dan anthropomorphisme Kristen. Hingga di Eropa timbul gerakan Averroreisme ( Ibn Rusyd-isme) yang menuntut kebebasan berpikir. Pengaruh ilmu pengetahuan Islam atas Eropa yang sudah berlangsung sejak abad ke-12 M itu menimbulkan gerakan kebangkitan kembali (renaissance) pusaka Yunani di Eropa pada abad ke-14 M. Walaupun Islam akhirnya terusir dari negeri Spanyol dengan cara yang sangat kejam, tetapi ia telah membidangi gerakan-gerakan penting di Eropa. Gerakan-gerakan itu adalah: kebangkitan kembali kebudayaan Yunani klasik (renaissance) pada abad ke-14 M yang bermula di Italia, gerakan reformasi pada abad ke-16 M, rasionalisasi pada abadbke-17 M, dan pencerahan (aufklaerung) pada abad ke-18 M. 

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 komentar: