Sabtu, 29 April 2017

JURNAL KEWIRAUSAHAAN



KEWIRAUSAHAAN

JURNAL  KEWIRAUSAHAAN

KULINER BEBEK KALEYO


 

 






Oleh :
YUNI ALI (14100203)
WEBSITE 6



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
(STMIK) PRINGSEWU
 


KATA PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan atas kehadirat ALLAH SWT. Karena atas berkah,rahmat,taufik dan hidayahNYA penulis berhasil menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya dan tepat pada waktunya.
Makalah ini berjudul “Jurnal Kewirausahaan Kuliner Bebek Maleyo” yang dibuat sebagai salah satu tugas perkuliahan Kewirausahaan.
Demikian makalah ini penulis buat, semoga dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan umumnya bagi pembaca sekalian. Dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan dimasa datang.
                                                                                                           
                                                                                    Pringsewu, 17 Januari 2016

                                                                                                Yuni Ali
           





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...............................................................................  i
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BAB I .  PENDAHULUAN
a.     Latar Belakang Perusahaan................................................................................................. 1
BAB II . PEMBAHASAN
1.1Isi Materi............................................................................................ 2
a.     Kewirausahaan Kuliner Bebek Maleyo................................ 2
BAB III PENUTUP
A.   Kesimpulan dan Saran............................................................................ 5
LAMPIRAN
DAFTAR  PUSTAKA







BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Perusahaan
Saya memilih artikel ini karna makanan Bebek kaleyo ini sangat booming sekali dimasyarakat  dan banyak diminati oleh seluruh kalangan usia dengan ciri khas bebek yg empuk serta sambalnya.
Bebek kaleyo ini memiliki berbagai macam menu yg disajikan seperti contoh : Bebek sambal hijau.bebek bakar,bebek sambal hijau dll.  Dari segi rasa pun makanan kuliner ini berbeda  dengan kompetitor lainya dengan segi rasa dan variasi lainnya.











BAB II
ISI

1.1  Isi Materi
a. BEBEK KALEYO
Hidangan yang satu ini tumbuh seperti jamur dimusim hujan, tidak jauh dari sifat khas bahan utamanya: mengekor barisan kemana pergi. Ya, itulah karakter bebek, yang sekarang jadi favorit petualang kuliner diibukota. Ada banyak resto yang menyajikan menu ber-bebek-ria ini dan umumnya digoreng. Sehingga sering disingkat jadi begor atau bebek goreng.
Kapan tepatnya begor mulai merambah Jakarta, bukan hal penting yang perlu diketahui. Hanya saja, dimanapun (wilayah) kita berada, resto jenis ini mudah didapat dan selalu dijual dengan harga yang masuk akal. Pas untuk pilihan makan siang juga malam, karena disajikan dengan nasi putih (ataupun uduk) yang hangat, ditambah sambal…aaahhh…
Satu alasan kuat untuk berkunjung ke resto begor andalan yang punya cabang dipelbagai tempat; Bebek Kaleyo. Dengan motto: empuk, lezat dengan sambal dahsyat;  cabang Cempaka Putih versi AC (air conditioner) jadi pilihan, maklum udara siang nan terik tidak terlalu bersahabat. Ini adalah gerai kedelapan yang memulai ‘jadwal praktek’ (beroperasi) non-stop dari jam 11 siang sampai 11 malam.
Hanya sayang, karena kendala alam, supply bebek tidak begitu lancar. Dari empat menu masakan, bebek goreng terpaksa absen. Jadilah bebek bakar dan bebek cabe ijo dipilih untuk menggantikan. Sedang untuk nasi, dijual terpisah, ada 2 pilihan yaitu nasi putih biasa dan nasi uduk. Porsi 1 potong bebek dan ayam kampung punya ukuran tidak terlalu besar, hanya ketika disajikan dengan nasi, lumayan pas jadi hidanan pengisi perut.
Tambahan lain yang tersedia ialah tahu, tempe dan sate ampela plus ati. Untuk sambal, selain sambal standar ada sambal pilihan lain yang bisa dipesan yaitu mangga dan merah.
Lalu jenis minuman, jus terong belanda dan es teler layak dipilih mendampingi hidangan utama. Tanpa tunggu lama, kedua hidangan yang dipesan dengan extra kremes disajikan diatas wadah rotan beralas daun pisang. Ternyata bebek bakar, terlihat  menggiurkan sayang tidak dibarengi dengan penyajian yang segar langsung dari panggangan. Daging bebek tidak terasa hangat atau panas, untunglah diimbangi nasi uduk panas.
Untuk semua hidangan utama, bersiaplah dengan mencuci tangan dengan bersih karena ketidakhadiran sendok garpu diresto ini. Jika sudah, segeralah menjumput daging bebek lalu nasi, sambal, lalapan dan kremes untuk masuk kedalam mulut. Rasa bebek panggang berbumbu manis tercecap baik, apalagi dengan sepotong tahu atau tempe goreng. Memang, layak dicoba.
Sedang bagi penggemar rasa pedas, ayam atau bebek cabe ijo akan membuktikan tingkat ketahanan lidah yang langsung terasa hangat ini. Potongan cabe hijau yang menutupi ayam goreng tidak terlihat menakutkan dibanding warna merah. Tapi ketika masuk kedalam mulut, bersiaplah dengan kejutan yang menantang! Rasa pedas cepat memenuhi rongga mulut, dan jika terlalu banyak, rasa daging ayampun akan segera tertutupi….karena itu, bersantaplah perlahan dan kurangi jumlah cabe hijau untuk kenikmatan rasa yang baik.
Untuk hal ini, minuman berupa jus yang tidak terlalu dingin, akan membantu mengurangi efek panas dilidah. Rupanya jus terong belanda, dapat diandalkan untuk melancarkan proses menghabiskan satu porsi ayam cabe hijau bareng nasi dengan baik.
Dan menutup kunjungan siang hari, es teler segar nan dingin, disajikan dengan rasa manis yang pas. Tidak terlalu meleset dari harapan, Bebek Kaleyo berhasil menghadirkan kepuasan akan menu begor versi bakar. Juga tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam karena harga yang bersahabat, kunjungan rutin bisa dipertimbangkan. Kesimpulannya, tak perlu takut dianggap ‘mem-bebek’ lho, khusus begor; nikmati saja kelezatannya…
















BAB III
PENUTUP

A.    Masalah pembahasan & Kesimpulan
Menurut saya tentang makanan kuliner Bebek kaleyo ini makanan yang sangat cocok untuk para penggemar sambal yang pedas karna di resto ini memiliki berbagai pilihan macam sambal & cocok untuk semua kalangan usia.
Tetapi pendapat saya sambal yg dihidangkan oleh resto ini salah satunya ada yang berlebihan karna adanya minyak sebaiknya minyak yg ada disambal dikurangkan agar lebih nikmat lagi untuk disantap & akan baik juga bagi kesehatan pelanggan.
Mungkin hanya ini yg dapat saya simpulkan terhadap makanan kuliner Bebek Kaleyo ini mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan semoga kesimpulan yang saya buat dapat bermanfaat untuk Resto Bebek kaleo ini agar mampu menjadi makanan kuliner bebek terlezat di Indonesia



LAMPIRAN
(TABEL JURNAL KEWIRAUSAHAAN)


 

(TABEL JURNAL KEWIRAUSAHAAN 


 
DAFTAR PUSTAKA

Retno Budi Lestari dan Trisnadi Wijaya

STIE MDP

retno_budi21@yahoo.co.id, trisnadi16983@yahoo.com

Abstract:  This study aims to  determine the effect of  entrepreneurship education  on  entrepreneurial intention.  Data

collection techniques  use a  questionnaire  given to  205  students from  three  private  universities  namely  STIE  MDP,

STMIK MDP, and STIE Musi. The results of hypothesis test  shows that entrepreneurship education has a significant

influence on entrepreneurial intention shown by the calculated F greater than F table, so the hypothesis of the study


http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 komentar: